Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Selasa, 10 Mei 2011

Nelayan Kenjeran Menikmati Hasil Melaut


SURABAYA, KOMPAS.Com - Nelayan gurem di kawasan Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, kini menikmati hasil melaut. Dalam cuaca mulai kondusif untuk kaum nelayan, hasil tangkapan ikan, utamanya kerang, ikut membaik.  


"Sudah tiga minggu ini cuacanya apik dan tidak ada angin . Jadi, bulan-bulan ini memang lagi musimnya kerang," kata Rusdi (3 9 ), nelayan gurem Kenjeran, Surabaya, Selasa (10/5).

Ia mengatakan, hasil tangkapan setiap nelayan memang tidak sama, namun paling tidak setiap nelayan bisa membawa pulang 3-4 kilogram kerang jenis kerang manuk, kerang bulu, atau kerang kur-kur.  "Saya sendiri hari ini dapat empat kilogram kerang bulu," katanya.
Tarjo (33), rekan Rusdi sesama nelayan gurem Kenjeran, mengatakan, musim kerang memang sepanjang tahun. Padabulan-bulan Mei hingga Juni, kerang melimpah di wilayah perairan Madura.
Rohman (35), salah seorang nelayan Kenjeran ketika ditemui usai melaut untuk melaut mencari udang. Di darat, harga satu kilogram udang kualitas I (besar) Rp 80.000, kualitas II (sedang) Rp 50.000, dan kualitas III (kecil) Rp 17.000.

2 komentar:

Arif mengatakan...

potensi nelayan yang masih setengah-setengah

PPNSI SURABAYA mengatakan...

Bukan Potensinya yang setengah-setengah. tapi Bangsa inilah yang membuat mereka terengah-engah, jengah...sampai pada tahap payah. Pemerintah sudah walah, dan tugas kitalah pemerehati mereka yang memberikan wadah berbagi, saling menyemangati, saling memberi, berkongsi untuk hidup dalam optimisme!!!

tidak cukup bagi kita untuk sekedar mengandalkan pemerintah saja. Ayo bahu membahu untuk Indonesia satu!!!

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates